Artikel

Hadapi Ketidakpastian Masa Depan, Ketahui Pentingnya Punya Dana Darurat

author
Content Management
author
30 July 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Sobat Makmur, masa depan merupakan sesuatu yang belum pasti. Maka dari itu, perlu adanya persiapan yang baik dan matang sehingga kita dapat menghadapi ketidakpastian di masa depan. Salah satu cara menghadapi ketidakpastian di masa depan adalah dengan mempersiapkan dana darurat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai dana darurat secara lebih mendalam. Yuk disimak!

Apa Itu Dana Darurat?

Dana darurat atau emergency fund adalah simpanan yang secara sengaja dipersiapkan untuk mengantisipasi kebutuhan tak terduga di kemudian hari. Dana darurat dipersiapkan untuk keadaan darurat dan keadaan yang tidak terduga, baik itu kecelakaan, kerusakan rumah, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara mendadak atau hal lain yang bisa mengganggu cash flow dalam perencanaan keuangan. Selain untuk kondisi yang tak terduga, memiliki dana darurat juga menciptakan rasa aman kepada pemiliknya apabila dihadapkan dengan keadaan terburuk.

Ada beberapa alasan pentingnya mengalokasikan dana darurat :

1.    Kondisi Ketidakpastian Ekonomi

Pulihnya dunia dari pandemi Covid-19 tak lantas membuat ketidakpastian ekonomi mereda. Beberapa sentimen seperti konflik di Timur Tengah, perubahan kebijakan suku bunga bank sentral dunia, hingga transisi pemerintahan baru masih membayangi ekonomi saat ini. Ada baiknya kamu mempersiapkan dana darurat untuk menghadapi guncangan finansial yang bisa terjadi akibat faktor eksternal dan internal.

2.    Menghadapi Masa Depan dengan Lebih Tenang

Memiliki dana darurat akan membantu hidup kamu lebih tenang. Sebab, kamu akan merasa cukup aman dan terjamin karena ada dana darurat yang bisa digunakan untuk keperluan dadakan dan tak terduga. Dengan adanya dana darurat, kamu bisa menalangi dulu tagihan dan segala kebutuhan saat situasi tak terduga terjadi.

3.    Meminimalkan utang

Berutang kadang kala menjadi salah satu opsi bagi seseorang ketika mengalami kejadian tak terduga. Namun perlu diingat, utang terutama utang berbunga tinggi dapat memberikan beban yang signifikan terhadap kondisi finansial kamu. Nah, memiliki dana darurat juga bisa meminimalkan timbulnya utang ke pihak ketiga. Sebab, memiliki dana darurat dapat membantu melalui masa sulit tanpa harus bergantung pada utang tambahan.

Besaran Dana Darurat yang Ideal

Tidak ada perhitungan angka dan persentase pasti untuk menentukan besarnya dana darurat. Besaran dana darurat berbeda-beda dan bervariasi setiap individu, tergantung biaya hidup untuk kebutuhan dasar dan variabel lainnya seperti gaya hidup, usia, pekerjaan, kondisi kesehatan, dan kebutuhan setiap bulannya. Jika kamu masih lajang alias belum menikah, disarankan untuk mempersiapkan dana darurat minimal 3 kali sampai 6 kali kebutuhan atau pengeluaran per bulan. Sementara saat sudah menikah dan berkeluarga, jumlah dana darurat yang disarankan adalah sebesar 6 kali hingga 12 kali pengeluaran per bulan

Adapun yang termasuk komponen pengeluaran mencakup biaya konsumsi, biaya transportasi, tagihan listrik dan air, hingga biaya sewa kos/kontrakan ataupun cicilan rumah. Besar total pengeluaran ini kemudian dijadikan acuan dalam menghitung dana darurat. Misal, kamu adalah seorang pegawai dengan pengeluaran rutin Rp 6 juta per bulan. Jika belum menikah, maka dana darurat yang setidaknya kamu miliki adalah Rp 18 juta hingga Rp 36 juta. Sementara jika kamu sudah berkeluarga setidaknya memiliki dana darurat senilai Rp 36 juta hingga Rp 72 juta.

Tips Mengumpulkan Dana Darurat

Setelah mengetahui pentingnya memiliki dana darurat, berikut beberapa tips mengumpulkan dan mengelola dana darurat.

1.    Membuat Anggaran Keuangan yang Rinci dan Jelas

Mengumpulkan dana darurat tak lepas dari variabel pemasukan dan pengeluaran dalam sebulan. Sebelum mengumpulkan dana darurat, ada baiknya kamu mengidentifikasi terlebih dahulu pengeluaran tetap dan sejumlah variabel lain untuk menentukan berapa banyak dana yang bisa kamu kumpulkan setiap bulan. Caranya, kamu bisa mencatat penghasilan dan pengeluaran rutin per bulan. Jangan lupa untuk mengelompokkan antara pengeluaran primer, sekunder, dan tersier.

2.    Tentukan Target Dana Darurat

Langkah kedua dalam mengumpulkan dana darurat adalah menentukan target yang ideal sesuai dengan kondisi saat ini. Besaran target ini penting untuk menentukan besaran porsi pendapatan yang akan dialokasikan untuk dana darurat. Selain variabel pendapatan, jangan lupa memasukkan variabel lain seperti jumlah tanggungan, gaya hidup, usia, dan kondisi kesehatan.

3.    Kumpulkan Dana Darurat Secara Perlahan dan Konsisten

Dalam mengumpulkan dana darurat diperlukan sikap konsisten dan perlahan. Jika kondisi keuangan kamu belum memadai, kamu dapat mengumpulkannya secara perlahan asal tetap konsisten setiap bulannya. Di tahap awal, kamu bisa mengalokasikan dana sebesar 10%-20% dari gaji bulanan selama 10 bulan ke depan. Apabila kondisi keuangan telah membaik, kamu bisa meningkatkan nominal yang disisihkan untuk dana darurat setiap bulannya sampai nominal target dana darurat tercapai. Selain itu, dana darurat hendaknya hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan ketika keadaan darurat dan mendesak terjadi. Apabila dana darurat terpaksa digunakan, segera persiapkan kembali dana darurat ketika keadaan sudah membaik.

4.    Tempatkan Dana Darurat di Instrumen yang Tepat

Pilih instrumen investasi yang aman dan mudah dicairkan untuk menempatkan dana darurat. Dengan mempersiapkan aset yang mudah dicairkan, keperluan tak terduga pun bisa segera dipenuhi sewaktu-waktu. Kebanyakan orang akan menyimpan dana darurat di rekening tabungan. Namun, di luar rekening tabungan, ada beberapa cara lainnya juga yang bisa dijadikan tempat menyimpan dana darurat. Kamu bisa mengalokasikan dana darurat dalam instrumen investasi yang fleksibel, seperti reksa dana. Dengan menyimpan dana darurat di instrumen investasi seperti reksadana, kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk menghadirkan keuntungan dari kenaikan nilai investasi.

Kamu bisa membeli reksa dana pilihanmu dengan fitur Same Day yang tersedia di Makmur. Fitur Same Day adalah inovasi yang ditawarkan oleh Makmur untuk mempercepat proses pembelian dan penjualan reksa dana. Sehingga, kamu bisa melakukan penjualan dan pembelian reksa dana dalam hari yang sama.

Dalam transaksi reksa dana di Makmur, waktu penyelesaian biasanya ditandai dengan T+X. ‘T’ berarti hari transaksi, dan ‘X’ adalah jumlah hari kerja setelah hari transaksi. Misalnya, dalam T+2, dana dari penjualan atau pembelian reksa dana akan diselesaikan dan masuk ke rekening kamu dua hari kerja setelah hari transaksi. Waktu penyelesaian ini bisa berbeda-beda tergantung pada jenis reksa dana yang ditransaksikan.

Namun, dengan fitur Same Day dari Makmur, kamu dapat melakukan transaksi reksa dana dengan penyelesaian T+0, artinya transaksi diselesaikan pada hari yang sama tetapi dengan syarat transaksi dilakukan sebelum pukul 09.30 WIB. Fitur Same Day ini sangat berguna bagi investor yang membutuhkan fleksibilitas dan efisiensi waktu dalam bertransaksi. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan Sobat Makmur untuk lebih cepat merespon perubahan kondisi pasar.


Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo Makmur yang tertera pada link di bawah ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Perlu diketahui, selain melalui ponsel, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Makmur melalui situs web jika ingin berinvestasi menggunakan laptop atau komputer. Silakan klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Web Aplikasi Makmur

Kamu juga dapat menambah wawasan dengan membaca informasi atau artikel menarik di situs web Makmur. Silakan klik link berikut:

Website: Makmur.id


Editor: Benrik Anthony (bersertifikasi WAPERD dan WMI)

Penulis: Akhmad Sadewa Suryahadi

Bagikan
Facebook
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel

Mulai dari Dana Darurat hingga Dana Pensiun, Ini Sejumlah Dana yang Harus Kamu Miliki

Hai, Sobat Makmur! Masa depan merupakan sesuatu yang belum pasti. Oleh karena itu, penting bagi kamu menyiapkan bekal masa depan dengan sebaik-baiknya, termasuk menyiapkan sejumlah dana yang diperlukan. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan sejumlah dana yang harus kamu miliki guna menghadapi masa depan. Makmur juga akan memberi tips terkait […]

author
Content Management
calendar
19 September 2024
Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam […]

author
Content Management
calendar
18 September 2024
Artikel

Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi […]

author
Content Management
calendar
17 September 2024
Artikel

Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko […]

author
Content Management
calendar
12 September 2024
Artikel

Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

author
Content Management
calendar
11 September 2024
Artikel

Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

author
Content Management
calendar
09 September 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.