Artikel

Apa itu Switching Reksa Dana?

author
Content Management
author
30 May 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Hai Sobat Makmur! Kamu pernah mendengar istilah switching di reksa dana? Ini adalah istilah yang perlu kamu tahu sebagai investor reksa dana di aplikasi Makmur. Nah menarik banget, di dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap mengenai pengertian, tujuan dan manfaat, serta daftar switching di aplikasi Makmur.

Pengertian Switching Reksa Dana

Sobat Makmur, switching (pengalihan) reksa dana merupakan proses memindahkan investasi dari satu reksa dana ke reksa dana lainnya tanpa menarik dana ke rekening pribadi. Proses ini biasanya dilakukan dalam platform yang sama dan manajer investasi yang sama. Switching memungkinkan kamu untuk menyesuaikan portofolio investasi agar sesuai dengan kondisi pasar atau tujuan keuangan yang berubah.

Tujuan dan Manfaat Switching Reksa Dana

Switching reksa dana memiliki tujuan dan manfaat yang dapat membantu kamu dalam mencapai tujuan investasi dengan lebih efisien dan efektif. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai hal tersebut:

  1. Menyesuaikan dengan perubahan kondisi pasar

Kamu dapat menyadari, bahwa pergerakan aktivitas ekonomi secara global dan lokal bergerak cepat. Sehingga seringkali terdapat perubahan kebijakan atau aktivitas pemerintah yang dapat berpengaruh terhadap kinerja instrumen investasi.

Misalnya, saat ini kamu memiliki aset di reksa dana saham, beberapa hari kemudian muncul informasi atas kebijakan kenaikan tingkat suku bunga. Perubahan suku bunga memiliki dampak signifikan terhadap harga obligasi dan saham. Dengan pemahamanmu terhadap kondisi pasar dan dengan menggunakan fasilitas switching di aplikasi Makmur, kamu dapat memindahkan investasimu dari reksa dana saham ke reksa dana pasar uang untuk mengurangi potensi dampak risiko yang terjadi terhadap portofoliomu.

  1. Diversifikasi portofolio 

Strategi diversifikasi dapat berfungsi untuk mengurangi potensi risiko investasi. Kamu dapat melakukan switching untuk mendiversifikasi portofolio ke berbagai jenis reksa dana, misalnya dari yang awalnya seluruh unit reksa danamu adalah reksa dana saham, kamu bisa switching sebagian unit reksa danamu ke reksa dana pendapatan tetap, atau sebaliknya.

  1. Mengoptimalkan kinerja investasi 

Jika reksa dana tertentu sedang menunjukkan kinerja yang kurang baik, kamu dapat melakukan switching ke reksa dana lain yang memiliki prospek lebih baik untuk mengoptimalkan potensi hasil investasimu ke depan.

  1. Fleksibilitas 

Switching reksa dana memberikan fleksibilitas yang tinggi bagi kamu sebagai investor. Kamu dapat dengan mudah mengubah alokasi investasi sesuai dengan perubahan tujuan finansial atau kondisi pasar. Misal, sebelumnya kamu mempunyai impian jangka panjang lebih dari 5 tahun dan berinvestasi di reksa dana saham Trim Kapital Plus dengan potensi imbal hasil tinggi dalam 5 tahun terakhir sebesar 25,10% per 29 Mei 2024. Namun dalam 3 bulan kemudian, kamu merasa ada tujuan baru yang harus dipenuhi dalam jangka pendek dengan target 1 tahun. Akhirnya kamu memutuskan untuk switching dari reksa dana saham Trim Kapital Plus ke reksa dana pasar uang Trim Kas 2 Kelas A yang memiliki kinerja dalam 1 tahun terakhir sebesar 4,62% per 29 Mei 2024. 

*Disclaimer: Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa depan.

Fasilitas switching di aplikasi Makmur dapat memudahkan kamu dalam melakukan perpindahan aset ketika ada perubahan terhadap tujuan investasimu.

Daftar Switching di Aplikasi Makmur

Bila kamu ingin tahu reksa dana apa saja yang dapat kamu switching di aplikasi Makmur, kamu bisa menyimak daftar switching di bawah ini:

  1. Allianz Global Investors Asset Management Indonesia

Seluruh reksa dana Allianz Global Investors Asset Management Indonesia pada aplikasi Makmur dapat di switching, kecuali reksa dana Allianz Indo Asia Equity Fund.

  1. Avrist Asset Management

Seluruh reksa dana Avrist Asset Management pada aplikasi Makmur dapat di switching, kecuali reksa dana Avrist Index LQ45, Avrist Ada Liquid Syariah, dan Avrist Emerald Stable Fund karena terdapat perbedaan pada bank kustodian. 

  1. Bahana TCW Investment Management

Seluruh reksa dana Bahana TCW Investment Management pada aplikasi Makmur dapat di switching, kecuali reksa dana Bahana ABF Indonesia Bond Index Fund karena terdapat perbedaan pada bank kustodian.

  1. Batavia Prosperindo Aset Manajemen

Seluruh reksa dana Batavia Prosperindo Aset Manajemen pada aplikasi Makmur dapat di switching, kecuali reksa dana Batavia Dana Kas Maksima (BDKM), Batavia Dana Kas Syariah (BDKS), dan Batavia USD Balanced Asia (BUBA) tidak bisa di switching dari USD ke IDR.

  1. BNI Asset Management

Seluruh reksa dana BNI Asset Management pada aplikasi Makmur dapat di switching, kecuali reksa dana BNI-AM Dana Likuid dan BNI-AM Dana Lancar Syariah.

  1. BRI Manajemen Investasi

Seluruh reksa dana BRI Manajemen Investasi pada aplikasi Makmur dapat di switching, kecuali reksa dana BRI Seruni Pasar Uang Syariah tidak bisa switching ke bank kustodian lain dan BRI Syariah Saham.

  1. Capital Asset Management

Seluruh reksa dana Capital Asset Management pada aplikasi Makmur dapat di switching.

  1. Eastspring Investments Indonesia

Seluruh reksa dana Eastspring Investments Indonesia pada aplikasi Makmur dapat di switching, namun untuk reksa dana Eastspring Syariah Fixed Income USD Kelas A hanya bisa di switching ke reksa dana Eastspring Syariah Greater China Equity USD dan berlaku sebaliknya karena transaksinya menggunakan mata uang USD.

  1. Insight Investments Management

Seluruh reksa dana Insight Investments Management pada aplikasi Makmur dapat di switching.

  1. Principal Asset Management

Seluruh reksa dana Principal Asset Management pada aplikasi Makmur dapat di switching, namun untuk reksa dana Principal Dollar Bond hanya bisa di switching ke reksa dana Principal Islamic Asia Pasific Syariah dan berlaku sebaliknya karena transaksinya menggunakan mata uang USD.

  1. Sinarmas Asset Management 

Seluruh reksa dana Sinarmas Asset Management pada aplikasi Makmur dapat di switching, kecuali reksa dana Danamas Dollar dan Simas Syariah Berkembang.

  1. STAR Asset Management 

Terdapat hanya dua reksa dana dari STAR Asset Management di aplikasi Makmur yang dapat di switching, yaitu STAR Money Market Kelas Utama dan STAR Stable Income Fund.

  1. Sucorinvest Asset Management

Seluruh reksa dana Sucorinvest Asset Management pada aplikasi Makmur dapat di switching, kecuali reksa dana Sucorinvest USD Balanced Fund.

  1. Syailendra Capital

Seluruh reksa dana Syailendra Capital pada aplikasi Makmur dapat di switching.

  1. Trimegah Asset Management

Seluruh reksa dana Trimegah Asset Management pada aplikasi Makmur dapat di switching, kecuali reksa dana Trimegah Dana Kas 1 karena ini merupakan reksa dana same day dan terdapat perbedaan dari cut off time transaksi reksa dana.

Setelah memahami konsep switching reksa dana, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum berinvestasi adalah menetapkan tujuan investasimu dengan jelas. Selanjutnya, pahami profil risiko investasimu. Setelah itu, pilihlah reksa dana yang sesuai dengan tujuan dan impian jangka panjangmu.

Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo Makmur yang tertera pada link di bawah ini untuk menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Perlu diketahui, selain melalui ponsel, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Makmur melalui situs web jika ingin berinvestasi menggunakan laptop atau komputer. Silakan klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Web Aplikasi Makmur

Kamu juga dapat menambah wawasan dengan membaca informasi atau artikel menarik di situs web Makmur. Silakan klik link berikut:

Website: Makmur.id


Editor: Benrik Anthony (bersertifikasi WAPERD dan WMI)

Penulis: Ilham Fitriadi Budiarto

Bagikan
Facebook
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel

Mulai dari Dana Darurat hingga Dana Pensiun, Ini Sejumlah Dana yang Harus Kamu Miliki

Hai, Sobat Makmur! Masa depan merupakan sesuatu yang belum pasti. Oleh karena itu, penting bagi kamu menyiapkan bekal masa depan dengan sebaik-baiknya, termasuk menyiapkan sejumlah dana yang diperlukan. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan sejumlah dana yang harus kamu miliki guna menghadapi masa depan. Makmur juga akan memberi tips terkait […]

author
Content Management
calendar
19 September 2024
Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam […]

author
Content Management
calendar
18 September 2024
Artikel

Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi […]

author
Content Management
calendar
17 September 2024
Artikel

Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko […]

author
Content Management
calendar
12 September 2024
Artikel

Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

author
Content Management
calendar
11 September 2024
Artikel

Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

author
Content Management
calendar
09 September 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.