Artikel

Penting Banget! Kamu Harus Tahu Apa itu NAV dalam Reksa Dana

author
Content Management
author
15 May 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Hai Sobat Makmur! Dalam berinvestasi di reksa dana, penting untuk kamu memahami apa itu istilah NAV (Net Asset Value) yang menjadi salah satu indikator kinerja dari reksa dana tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang NAV dalam reksa dana, fungsi NAV, dan contoh NAV di aplikasi Makmur.

Pengertian NAV

NAV atau Net Asset Value menggambarkan harga per unit dari reksa dana pada periode tertentu. Nilai NAV ini biasanya dihitung setiap hari dan digunakan sebagai dasar perhitungan harga jual dan harga beli unit penyertaan reksa dana.

Fungsi NAV

Ternyata NAV juga memiliki fungsi yang kamu harus pahami nih sobat Makmur:

  1. Indikator Kinerja: NAV digunakan sebagai indikator kinerja dari suatu reksa dana. Kenaikan NAV menandakan pertumbuhan nilai investasi, sementara penurunan NAV menandakan adanya kerugian.
  2. Penentu Harga Jual dan Beli: NAV juga digunakan sebagai dasar untuk  menentukan harga jual dan beli unit penyertaan reksa dana. 
  3. Pengelolaan Portofolio: Ketika Manajer investasi mengelola portofolionya dengan baik, maka pertumbuhan dari kinerja portofolionya tercermin dalam nominal NAV. Semakin baik pengelolaan portofolio dari manajer investasi, maka semakin tinggi juga nominal NAV yang akan tercermin..
  4. Transparansi: NAV memberikan tingkat transparansi yang tinggi kepada investor. Mereka dapat dengan mudah melacak nilai investasi mereka berdasarkan perubahan NAV.

Simulasi perubahan NAV di Aplikasi Makmur

Bila kamu penasaran bagaimana melihat perubahan NAV di aplikasi Makmur, coba perhatikan gambar berikut ya!Kami memberikan contoh perubahan dari salah satu produk reksa dana pendapatan tetap yang memiliki kinerja positif dalam 1 tahun terakhir yaitu Capital Fixed Income Fund:

Misalnya kamu berencana untuk investasi  reksa dana di Capital Fixed Income Fund pada tanggal 12 Mei 2023. NAV/NAB pada tanggal tersebut sebesar Rp1.658,26. 

Setelah 1 tahun kemudian, nominal NAVmu menjadi Rp1.772,80 pada 14 Mei 2024. Maka pertumbuhan investasimu dalam 1 tahun terakhir yaitu sebesar 6,91%

Sekarang kamu sudah paham kan bahwa NAV merupakan salah satu konsep yang penting dalam dunia investasi, terutama dalam investasi reksa dana. Memahami konsep NAV akan membantu kamu untuk mengukur kinerja dari portofolio investasi, memantau perubahan nilai investasi, dan membantumu dalam membuat keputusan investasi yang lebih bijak lagi di masa depan. 

Namun sebelum berinvestasi ada hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu, yaitu tentukan rencana finansialmu, kemudian pahami profil risiko investasimu dan baru pilih reksa dana yang sesuai dengan tujuan atau impianmu ke depan.


Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo yang tertera pada link di bawah ini untuk menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Oh iya, gak hanya melalui perangkat hp saja, kamu bisa menggunakan aplikasi Makmur melalui website lho bila ingin berinvestasi di depan laptop atau komputer, wajib banget di klik untuk link di bawah ini!

Web Aplikasi Makmur

Kemudian kamu juga bisa menambah wawasan dengan cara membaca informasi atau artikel menarik di website Makmur. Klik linknya sekarang juga ya.

Website: Makmur.id


Editor: Endang Cahyani (bersertifikasi WAPERD, WMI dan CFP)

Penulis: Ilham Fitriadi Budiarto

Bagikan
Facebook
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel

Mulai dari Dana Darurat hingga Dana Pensiun, Ini Sejumlah Dana yang Harus Kamu Miliki

Hai, Sobat Makmur! Masa depan merupakan sesuatu yang belum pasti. Oleh karena itu, penting bagi kamu menyiapkan bekal masa depan dengan sebaik-baiknya, termasuk menyiapkan sejumlah dana yang diperlukan. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan sejumlah dana yang harus kamu miliki guna menghadapi masa depan. Makmur juga akan memberi tips terkait […]

author
Content Management
calendar
19 September 2024
Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam […]

author
Content Management
calendar
18 September 2024
Artikel

Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi […]

author
Content Management
calendar
17 September 2024
Artikel

Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko […]

author
Content Management
calendar
12 September 2024
Artikel

Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

author
Content Management
calendar
11 September 2024
Artikel

Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

author
Content Management
calendar
09 September 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.