Artikel

Serunya “Membedah” Fund Fact Sheet di Reksa Dana

author
Content Management
author
28 May 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Hai Sobat Makmur! Apakah di antara kamu ada yang masih bingung, ingin menganalisis reksa dana tetapi belum tahu caranya? Salah satu hal yang bisa kamu lihat ketika ingin menganalisis sebuah reksa dana di aplikasi Makmur yaitu melalui fund fact sheet. Artikel ini akan membahas secara lengkap soal fund fact sheet, mulai dari pengertian, fungsi, komponen-komponennya, dan cara melihat fund fact sheet di aplikasi Makmur.

Pengertian Fund Fact Sheet

Fund fact sheet (FFS) merupakan sebuah dokumen resmi yang diterbitkan oleh manajer investasi yang mengelola reksa dana. Dokumen ini berisi informasi-informasi penting mengenai kinerja, strategi investasi, dan detail lainnya dari reksa dana tersebut. Fund fact sheet diterbitkan setiap bulan, sehingga kamu dapat memantau dan menganalisis perkembangan kinerja reksa dana yang dipilih secara teratur.

Fungsi Fund Fact Sheet

Fungsi utama dari fund fact sheet yaitu memberikan informasi transparan mengenai kinerja suatu reksa dana kepada kamu sebagai investor. Beberapa fungsi penting dari fund fact sheet antara lain:

  • Informasi Kinerja: Kamu dapat melihat kinerja reksa dana dalam periode tertentu, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sebagai contoh, kamu dapat melihat pertumbuhan suatu kinerja reksa dana secara year to date, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, atau sejak peluncuran reksa dana tersebut. Kamu bisa menganalisis, apakah reksa dana yang kamu pilih memiliki pertumbuhan yang optimal atau tidak.
  • Klasifikasi Risiko: Di dalam fund fact sheet menyediakan informasi mengenai klasifikasi risiko dari reksa dana, seperti risiko sangat rendah, rendah, menengah, tinggi, dan sangat tinggi. Sehingga kamu dapat menilai kecocokan reksa dana yang dipilih dengan profil risiko investasimu sendiri. 
  • Komposisi Portofolio: Di dalam fund fact sheet juga menunjukkan aset-aset apa saja yang dimiliki oleh reksa dana, seperti saham, obligasi, atau instrumen pasar uang yang sesuai dengan jenis reksa dananya masing-masing.
  • Biaya dan Beban: Memberikan informasi mengenai maksimum biaya dan beban yang dikenakan kepada kamu sebagai investor, seperti biaya manajemen dan biaya kustodian.
  • Kinerja Benchmark: Membandingkan kinerja reksa dana dengan benchmark yang relevan, sehingga investor dapat menilai sejauh mana reksa dana tersebut berhasil mencapai tujuannya. Sebagai contoh dari reksa dana yang ingin kita ulas yaitu Insight Renewable Energy Fund. Di dalam fund fact sheet reksa dana tersebut membandingkan antara kinerja Insight Renewable Energy Fund dengan benchmarknya yaitu Infovesta Fixed Income Fund Index. Kamu bisa melihat gambaran lebih lengkap perbandingan kinerjanya pada bagian bawah artikel ini.

Komponen-Komponen yang Ada di Fund Fact Sheet

Komponen-komponen yang ada dalam fund fact sheet sangat beragam dan detail, sehingga memberikan gambaran menyeluruh mengenai reksa dana tersebut. Berikut adalah beberapa komponen utama yang biasa ditemukan dalam fund fact sheet dan kita ambil contoh dari salah satu reksa dana di aplikasi Makmur yaitu reksa dana Insight Renewable Energy Fund dengan last update tanggal 30 April 2024.

1. Profil Reksa Dana

Pada bagian ini, dijelaskan mengenai profil reksa dana tersebut, termasuk nama reksa dana dari Insight Renewable Energy Fund, manajer investasi dari Insight Investment Management, tanggal peluncurannya pada 22 Juni 2011, dan nilai aktiva bersih (NAB) sebesar Rp 364,280,576,909.29. Informasi ini memberikan gambaran umum tentang reksa dana yang bersangkutan.

2. Tujuan Investasi 

Bagian ini menjelaskan tujuan dari reksa dana dan strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Seperti yang ada pada gambar di atas, tujuan investasinya yaitu mendapatkan pengembalian investasi yang stabil dan meningkat dalam jangka panjang dengan tetap mempertahankan nilai modal.

3. Kinerja Historis dan Benchmark

Informasi mengenai kinerja historis reksa dana dalam berbagai periode waktu, seperti year to date, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, dan sejak peluncuran. Kinerja ini biasanya ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik. Data ini membantu kamu menilai seberapa konsisten reksa dana dalam mencapai tujuannya.

Selain itu, di dalam fund fact sheet juga menyertakan informasi tambahan seperti perbandingan antara reksa dana terkait dengan benchmark yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan kinerja reksa dananya. Seperti yang kita lihat, bahwa sejak diluncurkan reksa dana Insight Renewable Energy Fund memiliki kenaikan sebesar 136,36% hingga 30 April 2024 berdasarkan pertumbuhan reksa dana ditambah dengan dividen serta dapat mengungguli kinerja dari benchmarknya yaitu Infovesta Fixed Income Fund Index dengan kenaikan sebesar 84%.

4. Komposisi Portofolio

Bagian ini memberikan rincian mengenai alokasi aset dalam portofolio reksa dana, seperti persentase investasi di saham, obligasi, dan instrumen pasar uang. Informasi lebih detail juga diberikan mengenai kepemilikan terbesar dalam portofolio, seperti efek utang dan pasar uang tertentu yang mendominasi dalam porsi investasi seperti gambar di bawah ini:

5. Biaya dan Beban

Fund fact sheet juga mencantumkan biaya dan beban yang terkait dengan investasi di reksa dana tersebut. Ini termasuk biaya manajemen, biaya pembelian, biaya penjualan, dan biaya lainnya. Namun kamu tidak perlu khawatir, untuk membeli dan menjual reksa dana di aplikasi Makmur, kamu tidak dikenakan biaya transaksi (kecuali reksa dana dari manajer investasi Sinarmas Asset Management).

6. Risiko

Terdapat informasi mengenai risiko yang terkait dengan investasi di reksa dana tersebut. Risiko ini bisa mencakup risiko likuiditas, risiko kredit, risiko perubahan harga NAB/UP, risiko perubahan peraturan, dan risiko lainnya. Pemahaman tentang risiko sangat penting untuk menentukan apakah reksa dana tersebut sesuai dengan profil risiko investor.

Kamu juga bisa mengetahui bahwa reksa dana Insight Renewable Energy Fund memiliki klasifikasi risiko rendah dan memiliki pergerakan yang relatif stabil dengan potensi pertumbuhan terbatas.

7. Manajer Investasi

Di bagian ini kamu akan menemukan informasi mengenai manajer investasi yang mengelola reksa dana, termasuk pengalaman dan track record mereka. Ini membantu kamu dalam memahami siapa yang bertanggung jawab atas keputusan investasi dan seberapa kredibel manajer tersebut.

8. Kontak dan Informasi Perusahaan

Bagian akhir dari fund fact sheet biasanya mencantumkan kontak dan informasi perusahaan manajer investasi, termasuk alamat, nomor telepon, email, dan website. Ini memudahkan kamu sebagai investor untuk menghubungi perusahaan jika ada pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut.

Letak Fund Fact Sheet di Aplikasi Makmur

Kamu sudah tidak sabar untuk menemukan fund fact sheet di aplikasi Makmur? Ini langkah mudahnya. Mari ambil contoh bila ingin mencari dari fund fact sheet reksa dana Insight Renewable Energy Fund:

  1. Buka aplikasi Makmur
  2. Klik tombol “Pencarian” di bagian bawah Menu
  3. Pada bagian “Daftar Reksa Dana”, pilih “Pendapatan Tetap”
  4. Klik tombol “Reksa Dana Lainnya”
  5. Cari dan pilih reksa dana Insight Renewable Energy Fund
  6. Scroll ke bawah dan temukan bagian “Informasi”
  7. Scroll ke paling bawah dan kamu akan menemukan “Fund Fact Sheet”

Sekarang kamu sudah paham kan komponen-komponen yang ada dalam bagian fund fact sheet yang berguna untuk menganalisis reksa dana. Namun ada hal penting yang harus kamu lakukan sebelum berinvestasi, yaitu tentukan rencana finansialmu terlebih dahulu, kemudian pahami profil risiko investasimu dan baru pilih reksa dana yang sesuai dengan tujuan atau impianmu.


Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo Makmur yang tertera pada link di bawah ini untuk menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Oh iya, gak hanya melalui perangkat hp saja, kamu bisa menggunakan aplikasi Makmur melalui website lho bila ingin berinvestasi di depan laptop atau komputer, wajib banget klik link di bawah ini!

Web Aplikasi Makmur

Kemudian kamu juga bisa menambah wawasan dengan cara membaca informasi atau artikel menarik di website Makmur. Klik linknya sekarang juga ya.

Website: Makmur.id


Editor: Benrik Anthony (bersertifikasi WAPERD dan WMI)

Penulis: Ilham Fitriadi Budiarto

Bagikan
Facebook
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel

Mulai dari Dana Darurat hingga Dana Pensiun, Ini Sejumlah Dana yang Harus Kamu Miliki

Hai, Sobat Makmur! Masa depan merupakan sesuatu yang belum pasti. Oleh karena itu, penting bagi kamu menyiapkan bekal masa depan dengan sebaik-baiknya, termasuk menyiapkan sejumlah dana yang diperlukan. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan sejumlah dana yang harus kamu miliki guna menghadapi masa depan. Makmur juga akan memberi tips terkait […]

author
Content Management
calendar
19 September 2024
Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam […]

author
Content Management
calendar
18 September 2024
Artikel

Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi […]

author
Content Management
calendar
17 September 2024
Artikel

Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko […]

author
Content Management
calendar
12 September 2024
Artikel

Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

author
Content Management
calendar
11 September 2024
Artikel

Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

author
Content Management
calendar
09 September 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.