Artikel

Cocok untuk investasi Jangka Pendek, Kenali Keuntungan dan Risiko Reksa Dana Pasar Uang

author
Content Management
author
02 September 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Hai, Sobat Makmur! Ada banyak faktor yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam membeli reksa dana. Selain faktor horizon waktu, profil risiko yang terkandung dalam reksa dana juga bisa menjadi pertimbangan. Kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk berkenalan lebih lanjut dengan reksa dana pasar uang. Reksa dana ini dikenal cocok bagi kamu yang berorientasi jangka pendek serta memiliki profil risiko rendah. Penasaran, Yuk disimak!

Mengenal Reksa Dana Pasar Uang

Saat ini kita mengenal ada empat jenis reksa dana, dimana klasifikasi reksa dana ini berdasarkan isi portofolio atau efek terbesar yang menyusun. Keempat reksa dana tersebut yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham. Reksa dana pasar uang adalah adalah jenis reksa dana yang 100% portofolionya diinvestasikan oleh Manager Investasi (MI) ke instrumen-instrumen pasar uang. Instrumen pasar uang yang dimaksud yakni instrumen investasi yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun seperti deposito, Sertifikat Utang Negara (SUN), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan sejenisnya. Mengutip data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dana kelolaan atau asset under management (AUM) reksa dana pasar uang mencapai Rp84,55 triliun per Juli 2024. Dana kelolaan ini merupakan yang kedua terbesar setelah dana kelolaan reksa dana pendapatan tetap yang mencapai Rp 145,65 triliun.

Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang

Besarnya dana kelolaan reksa dana pasar uang menunjukkan reksa dana ini masih diminati oleh investor. Hal ini tidak terlepas dari sejumlah keunggulan reksa dana pasar uang dibandingkan reksa dana jenis lainnya.

1. Mudah dicairkan

Keunggulan lain dari reksa dana pasar uang adalah aspek likuiditas yang tinggi, dimana reksa dana ini mudah untuk dicairkan kapanpun tanpa dikenakan denda. Proses pencairan dana reksa dana pasar uang bisa selesai dalam kurun waktu singkat, yakni rata-rata 5 hari kerja yang dihitung setelah penjualan unit reksa dana mulai diproses sampai dana masuk ke rekening. Hal ini berbeda jika kamu berinvestasi ke produk bank seperti deposito, dimana deposito memiliki batasan waktu tertentu sesuai dengan perjanjian dalam hal pencairan/penjualan.

2. Cocok Untuk Jangka Pendek

Seluruh portofolio reksa dana pasar uang diinvestasikan ke instrumen jangka pendek, yakni instrumen investasi yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun seperti deposito, Sertifikat Utang Negara (SUN), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan sejenisnya. Sehingga, reksadana pasar uang dinilai aman jika kamu ingin berinvestasi dalam jangka waktu pendek atau kurang dari satu tahun. Jika kamu berencana untuk mengumpulkan dana darurat, liburan ke luar negeri, atau membeli gadget baru dalam waktu kurang dari setahun, maka reksa dana pasar uang cocok untuk kamu.

3. Risiko Rendah

Reksa dana pasar uang memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan instrumen lainnya. Ketika kondisi pasar bergejolak, kinerja investasi reksa dana pasar uang cenderung stabil. Selain itu, instrumen berjangka pendek juga memiliki risiko gagal bayar yang kecil. Oleh karena itu, jenis reksa dana ini cocok bagi investor pemula.

4. Bebas Pajak

Salah satu keuntungan dari reksa dana pasar uang yakni seluruh keuntungan yang didapat dari penjualan reksa dana tidak dipotong pajak. Penetapan bebas pajak ini dikarenakan reksa dana tidak termasuk dalam objek pajak. Hal ini tentunya bisa membuat investor mendapatkan keuntungan maksimal dibandingkan dengan produk perbankan atau produk investasi jenis lain. Menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang pajak penghasilan, kontrak investasi kolektif seperti reksa dana termasuk dalam objek pajak yang dikecualikan. Hal ini berbeda jika kamu berinvestasi deposito, dimana bunga deposito dikenakan pajak penghasilan (PPh) mencapai 20%.

Risiko dan Kelemahan Reksa Dana Pendapatan Uang

Meski demikian, sama seperti instrumen investasi lainnya, reksa dana pasar uang juga memiliki kelemahan dan risiko.

1. Return Stabil tetapi Relatif Rendah

Reksa dana pasar uang memang memberikan return yang relatif stabil. Sebab, mayoritas instrument dalam portofolionya tidak terlalu fluktuatif. Namun, return yang diberikan juga cenderung rendah dibandingkan reksa dana lain. Jika kamu berekspektasi mendapat keuntungan besar dalam waktu singkat, investasi reksa dana pasar uang kurang cocok untuk kamu.

2. Dipengaruhi Penurunan Suku Bunga

Salah satu komponen portofolio reksa dana pasar uang adalah deposito bank. Suku bunga deposito dipengaruhi oleh kebijakan bank sentral. Di sisa akhir tahun ini, sejumlah bank sentral di dunia diperkirakan bakal memangkas suku bunganya. Pemangkasan suku bunga akan berdampak pada penurunan bunga deposito. Pada akhirnya, return reksa dana pasar uang akan kurang maksimal jika rezim suku bunga rendah mulai diterapkan.

3. Risiko Gagal Bayar

Surat utang atau obligasi dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun juga menjadi salah satu komponen portofolio reksa dana pasar uang. Sehingga, risiko yang membayangi reksa dana pasar uang adalah risiko gagal bayar penerbit surat utang. Gagal bayar ini bisa terjadi apabila perusahaan penerbit obligasi mengalami kebangkrutan alias pailit.

4. Kurang Cocok untuk Jangka Panjang

Instrumen ini kurang cocok bagi kamu yang berorientasi jangka panjang, seperti dana pensiun dan dana pendidikan. Ini karena tingkat return atau imbal hasil reksa dana pasar uang menjadi kurang optimal jika dilakukan dalam jangka panjang.

Pilih Reksa Dana Pasar Uang Terbaik di Makmur

Sobat Makmur, setelah membaca artikel ini pastinya kamu semakin yakin untuk membeli reksa dana pasar uang pilihanmu. Di Makmur, ada 30 reksa dana pasar uang terbaik yang tentunya bisa menjadi pilihan investasi terbaikmu. Reksa dana pasar uang yang dijual di Makmur juga berkinerja cukup baik, bahkan ada yang menghasilkan return hingga 6% dalam setahun terakhir. Salah satunya yakni reksa dana pasar uang Insight Money. Reksa dana besutan PT Insight Investment Management ini menghasilkan return hingga 6,04% dalam setahun (per 2 September 2024). Ada pula reksa dana pasar uang milik PT Capital Asset Management yakni Capital Money Market Fund yang dalam setahun terakhir (per 2 September 2024) menghasilkan return 5,94%.

Untuk memaksimalkan kinerja portofoliomu, kamu bisa memanfaatkan promo Hari Pelanggan Nasional BNI 2024. Sejumlah reksa dana pasar uang yang bisa kamu pilih diantaranya BNI-AM Dana Likuid dengan return 4,03% setahun (per 2 September 2024) dan BNI-AM Dana Lancar Syariah dengan return setahun sebesar 4,09% per 2 September 2024.

Selain itu,kamu juga bisa membeli reksa dana pilihan dengan memanfaatkan promo Superb September 2024, promo Semua Bisa Makmur, dan promo Semakin Makmur. Namun perlu diingat, sebelum berinvestasi kamu harus menentukan tujuan investasi dengan jelas dan juga memahami profil risiko investasi terlebih dahulu.


Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo Makmur yang tertera pada link di bawah ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Perlu diketahui, selain melalui ponsel, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Makmur melalui situs web jika ingin berinvestasi menggunakan laptop atau komputer. Silakan klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Web Aplikasi Makmur

Kamu juga dapat menambah wawasan dengan membaca informasi atau artikel menarik di situs web Makmur. Silakan klik link berikut:

Website: Makmur.id


Editor: Benrik Anthony (bersertifikasi WAPERD dan WMI)
Penulis: Akhmad Sadewa Suryahadi

Bagikan
Facebook
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam […]

author
Content Management
calendar
18 September 2024
Artikel

Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi […]

author
Content Management
calendar
17 September 2024
Artikel

Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko […]

author
Content Management
calendar
12 September 2024
Artikel

Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

author
Content Management
calendar
11 September 2024
Artikel

Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

author
Content Management
calendar
09 September 2024
Artikel

Kisah Inspiratif George Soros, Dari Seorang Porter Kereta Kini Jadi Investor Sukses

Hai, Sobat Makmur! Kalian tentu tidak asing dengan kalimat “tidak ada hasil yang mengkhianati usaha”. Kalimat bijak ini mengajarkan agar terus berusaha dalam meraih cita-cita, karena hasil akan berbanding lurus usaha yang kamu lakukan. Kali ini, Makmur akan membawa kamu untuk mengenali lebih lanjut sosok superinvestor sukses yang merintis kekayaannya, yakni George Soros. Kisah suksesnya […]

author
Content Management
calendar
05 September 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.