Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

author
Content Management
author
18 September 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam berinvestasi. Yuk disimak!

Apa Itu Biaya Dalam Reksa Dana?

Sama seperti instrumen investasi lain, berinvestasi reksa dana juga mengandung biaya yang harus ditanggung oleh investor. Besaran biaya ini penting untuk memperkiraan besaran keuntungan bersih yang akan kamu dapatkan. Setelah mengetahui total biaya investasi reksa dana, kamu bisa memproyeksikan potensi keuntungan bersih yang didapatkan dari mengurangi total biaya dengan return reksa dana yang diharapkan. Dalam reksa dana, biaya yang dibebankan dibagi menjadi 3, yakni biaya yang ditanggung oleh reksa dana, biaya yang dibayar oleh perusahaan Manajer Investasi (MI), dan biaya yang ditanggung investor.

1. Biaya yang Ditanggung Reksa Dana

Biaya yang ditanggung reksa dana adalah seluruh pengeluaran yang langsung dibebankan terhadap produk reksa dana. Kamu dapat melihat rincian biaya yang ditanggung reksa dana dalam fund fact sheet atau lebih lengkapnya di prospektus yang diterbitkan oleh MI. Ada beberapa biaya yang ditanggung reksa dana.

a. Imbalan/biaya jasa MI.

Dalam hal ini, MI akan mengenakan investor sejumlah biaya sebagai balas jasa atas pengelolaan dana. Masing-masing MI akan menentukan besaran biaya yang berbeda, dalam artian satu produk reksa dana bisa dikenakan biaya transaksi yang lebih tinggi dibandingkan produk lainnya. Contohnya, reksa dana KISI Fixed Income Fund Plus mengenakan biaya MI sebesar maksimum 2% per tahun yang diperhitungkan secara harian dari Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan dibayarkan setiap bulannya.

b. Biaya Bank Kustodian.

Biaya ini ini adalah biaya yang dibebankan setiap tahunnya oleh Bank Kustodian. Bank Kustodian berfungsi untuk memastikan dana investor tetap aman. Misalkan, jika suatu MI ditutup dan dana investor dipindahkan ke MI lain oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka aset dan dana investor dipastikan akan tetap aman karena dititipkan ke bank kustodian. Reksa dana Insight Renewable Energy Fund mengenakan biaya bank kustodian maksimum sebesar 0,20% per tahun. Insight Investments Management sebagai MI menunjuk PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebagai Bank Kustodian.

c. Biaya-biaya atas jasa auditor yang memeriksa laporan keuangan tahunan reksa dana, setelah produk reksa dana dinyatakan efektif oleh OJK.

d. Biaya pencetakan dan distribusi pembaharuan prospektus reksa dana, termasuk laporan keuangan tahunan yang disertai dengan laporan akuntan yang terdaftar di OJK. Ada juga biaya pemberitahuan termasuk biaya pemasangan berita/pemberitahuan di surat kabar mengenai rencana perubahan prospektus.

2. Biaya yang ditanggung oleh perusahaan MI

Biaya ini biasanya berkaitan dengan pembentukan awal reksa dana. Ada beberapa biaya yang menjadi tanggungan perusahaan MI, seperti biaya persiapan pembentukan reksa dana termasuk biaya pembuatan Kontrak Investasi Kolektif (KIK), pembuatan dan distribusi prospektus awal, dan penerbitan dokumen-dokumen yang diperlukan. Ada pula biaya administrasi pengelolaan portofolio reksa dana yaitu biaya telepon, faksimili, fotokopi dan transportasi. Lalu, biaya pemasaran (termasuk biaya pencetakan brosur, biaya promosi dan iklan), biaya pencetakan dan distribusi formulir pembukaan rekening, serta imbalan jasa dan beban lainnya kepada pihak ketiga (jika ada) yang berkenaan dengan pembubaran dan likuidasi produk reksa dana.

3. Biaya yang Ditanggung Investor

Selain biaya yang ditanggung reksa dana dan MI, investor juga dibebankan beberapa biaya saat membeli reksadana. Kamu dapat melihat rincian biaya yang ditanggung investor dalam fund fact sheet atau prospektus reksa dana yang diterbitkan oleh MI. Berikut biaya-biaya yang harus ditanggung oleh investor.

a. Biaya pembelian unit penyertaan (subscription fee) adalah biaya yang dibebankan ketika membeli reksa dana. Besaran biaya subscription reksa dana bervariasi, dengan rata-rata sebesar 0% hingga 5% dari setiap pembelian. Misalkan, reksa dana I-Hajj Syariah Fund mengenakan biaya pembelian unit maksimum sebesar 1% dari nilai transaksi pembelian. Sementara itu, subscription fee reksa dana Insight Renewable Energy Fund sebesar 2%. Oh iya, biaya pembelian ini akan menjadi pendapatan bagi MI dan/atau Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang ditunjuk oleh MI.

b. Biaya penjualan kembali (redemption fee), adalah biaya yang dibebankan ketika investor menjual produk reksa dana. Sama seperti subscription fee, besaran redemption fee juga bervariasi, tergantung dari MI. Besaran redemption fee Insight Renewable Energy Fund sebesar maksimum 2%, sementara reksa dana I-Hajj Syariah Fund mengenakan redemption fee sebesar 1% dari nilai transaksi penjualan kembali apabila periode kepemilikan kurang dari atau sama dengan 1 tahun, dan sebesar 0% untuk periode kepemilikan unit penyertaan lebih dari 1 tahun. Biaya penjualan juga merupakan pendapatan bagi MI dan/atau APERD.

c. Biaya pengalihan investasi (switching fee), dikenakan apabila investor ingin melakukan pengalihan atau switching dari satu jenis reksa dana ke reksa dana yang lain. Besaran switching fee bervariasi, tergantung kebijakan MI dan produk reksa dana. I-Hajj Syariah Fund menetapkan besaran switching fee maksimum sebesar 0,5% sementara switching fee Insight Renewable Energy Fund sebesar maksimum 2% dari nilai transaksi pengalihan investasi. Nantinya, switching fee akan dikenakan pada saat pemegang unit penyertaan melakukan pengalihan investasi sebagian atau seluruh investasi yang dimilikinya.

d. Biaya-biaya lain seperti biaya pemindahbukuan/transfer, biaya bea meterai, hingga pajak-pajak yang berkenaan dengan pemegang unit penyertaan (jika ada). 

Walaupun biaya yang dikenakan dalam investasi reksa dana terkesan banyak, kamu harus tahu bahwa biaya yang dibebankan kepada investor hanya biaya yang menyangkut transaksi reksa dana. Selain itu, keuntungan yang yang tertera pada portofolio investasimu sudah merupakan keuntungan bersih yang sudah dikurangi dengan biaya-biaya tadi.

Nah, Sobat Makmur, itu dia beberapa biaya yang dibebankan ketika kamu membeli reksa dana. Tentunya setelah membaca artikel ini kamu akan semakin paham dan yakni untuk berinvestasi reksa dana. Namun, selain mencermati komponen biaya, kamu juga harus mencermati risiko yang terkandung, memantau kinerja historis dari reksa dana yang akan kamu beli, dan membedah komposisi portofolio dalam reksa dana incaranmu. Untuk memaksimalkan kinerja portofoliomu, kamu bisa menggunakan sejumlah promo menarik dari Makmur seperti promo Superb September 2024, promo Semua Bisa Makmur, dan promo Semakin Makmur.


Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo Makmur yang tertera pada link di bawah ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Perlu diketahui, selain melalui ponsel, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Makmur melalui situs web jika ingin berinvestasi menggunakan laptop atau komputer. Silakan klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Web Aplikasi Makmur

Kamu juga dapat menambah wawasan dengan membaca informasi atau artikel menarik di situs web Makmur. Silakan klik link berikut:

Website: Makmur.id


Editor: Benrik Anthony (bersertifikasi WAPERD dan WMI)
Penulis: Akhmad Sadewa Suryahadi

    Bagikan
    Facebook
    Instagram
    Tiktok
    Artikel lainnya
    Artikel

    Mulai dari Dana Darurat hingga Dana Pensiun, Ini Sejumlah Dana yang Harus Kamu Miliki

    Hai, Sobat Makmur! Masa depan merupakan sesuatu yang belum pasti. Oleh karena itu, penting bagi kamu menyiapkan bekal masa depan dengan sebaik-baiknya, termasuk menyiapkan sejumlah dana yang diperlukan. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan sejumlah dana yang harus kamu miliki guna menghadapi masa depan. Makmur juga akan memberi tips terkait […]

    author
    Content Management
    calendar
    19 September 2024
    Artikel

    Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

    Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi […]

    author
    Content Management
    calendar
    17 September 2024
    Artikel

    Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

    Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko […]

    author
    Content Management
    calendar
    12 September 2024
    Artikel

    Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

    Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

    author
    Content Management
    calendar
    11 September 2024
    Artikel

    Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

    Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

    author
    Content Management
    calendar
    09 September 2024
    Artikel

    Kisah Inspiratif George Soros, Dari Seorang Porter Kereta Kini Jadi Investor Sukses

    Hai, Sobat Makmur! Kalian tentu tidak asing dengan kalimat “tidak ada hasil yang mengkhianati usaha”. Kalimat bijak ini mengajarkan agar terus berusaha dalam meraih cita-cita, karena hasil akan berbanding lurus usaha yang kamu lakukan. Kali ini, Makmur akan membawa kamu untuk mengenali lebih lanjut sosok superinvestor sukses yang merintis kekayaannya, yakni George Soros. Kisah suksesnya […]

    author
    Content Management
    calendar
    05 September 2024
    Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
    ios-app-storeandroid-googleplay-store
    Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
    PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.