Artikel

Mengenal Prospektus di Reksa Dana

author
Content Management
author
06 June 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Hai Sobat Makmur! Sebelum membeli reksa dana untuk berinvestasi, biasanya kamu perlu mengetahui dan melihat kinerja reksa dana pilihanmu. Untuk melihat ringkasan kinerja reksa dana, kamu dapat melihat di dalam dokumen fund fact sheet yang ada di aplikasi Makmur. Selain itu, ada satu lagi dokumen penting yang harus kamu pahami yaitu prospektus. Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang prospektus reksa dana, komponen-komponen penting di dalamnya, serta cara melihat prospektus reksa dana di aplikasi Makmur.

Pengertian Prospektus Reksa Dana

Prospektus reksa dana merupakan dokumen resmi yang disediakan oleh manajer investasi dan wajib dibaca oleh calon investor sebelum berinvestasi. Prospektus ini berisi tentang informasi lengkap mengenai reksa dana yang ditawarkan, termasuk tujuan investasi, strategi investasi, risiko yang terkait, biaya-biaya yang dibebankan, serta informasi lainnya. Tujuan utama dari prospektus adalah memberikan transparansi dan membantu kamu sebagai investor dalam memahami karakteristik dan risiko dari reksa dana yang akan diinvestasikan.

Di dalam prospektus, kamu perlu mengetahui komponen-komponen yang bisa memberikan informasi lanjutan sebelum mempertimbangkan untuk berinvestasi. Agar mudah dimengerti, mari ambil contoh prospektus dari salah satu reksa dana yang ada di aplikasi Makmur, yaitu reksa dana pendapatan tetap Insight Renewable Energy Fund yang memiliki kinerja pertumbuhan relatif stabil sebesar 138,50% sejak peluncurannya 22 Juni 2011 hingga saat ini per 5 juni 2024.

Komponen-Komponen Penting Prospektus Reksa Dana

Dalam prospektus reksa dana, terdapat beberapa komponen penting yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai komponen-komponen tersebut di dalam prospektus reksa dana Insight Renewable Energy Fund.

  1. Tujuan Investasi

Tujuan investasi menjelaskan sasaran yang ingin dicapai oleh reksa dana terkait. Kamu bisa memahami dan menyesuaikan apakah tujuanmu cocok dengan reksa dana tersebut atau tidak.

Di dalam prospektus Insight Renewable Energy Fund, reksa dana ini memiliki tujuan untuk mendapatkan pengembalian investasi yang stabil dan meningkat dalam jangka panjang dengan tetap mempertahankan nilai modal serta memberikan kesempatan kepada pemegang unit penyertaan untuk memberikan kontribusi secara tidak langsung kepada upaya-upaya dalam memerangi dampak negatif dari perubahan iklim global melalui advokasi dan mempromosikan penggunaan energi terbarukan dengan cara mengalokasikan dana kepada Yayasan Energi Lestari dan/atau pihak lainnya yang ditunjuk oleh manajer investasi. 

  1. Kebijakan Investasi

Kebijakan investasi menguraikan jenis-jenis instrumen yang akan diinvestasikan seperti saham, obligasi, atau instrumen pasar uang.

Kebijakan investasi reksa dana Insight Renewable Energy Fund menginvestasikan minimal 80% sampai 100% dari total aset pada efek bersifat utang yang diterbitkan oleh pemerintah dan/atau korporasi yang telah dijual dalam penawaran umum dan/atau diperdagangkan di bursa efek. Selain itu menginvestasikan minimal 0% sampai 20% dari total aset pada instrumen pasar uang dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo kurang dari 1 tahun sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

  1. Manfaat dan Risiko Investasi

Bagian ini menjelaskan manfaat dan risiko-risiko yang mungkin dihadapi oleh kamu sebagai investor. Berikut manfaat yang dapat kamu dapatkan ketika berinvestasi di reksa dana Insight Renewable Energy Fund:

  • Dikelola oleh manajemen profesional yang berpengalaman dan ahli di bidang pengelolaan dana. 
  • Investasi dalam Insight Renewable Energy Fund tersebar dalam berbagai portofolio efek yang bertujuan untuk mengurangi risiko yang mungkin dihadapi oleh investor.
  • Investor dapat berinvestasi secara tidak langsung di pasar modal tanpa harus melewati prosedur yang rumit. Investor juga memiliki kemudahan untuk menambah atau menjual kembali unit penyertaan sesuai dengan kebutuhan.
  • Bank Kustodian (BK) bertanggung jawab untuk mengumumkan nilai aktiva bersih harian dan menerbitkan laporan keuangan tahunan melalui pembaruan prospektus, memastikan transparansi serta akses informasi yang jelas bagi para investor.
  • Dengan berinvestasi dalam Insight Renewable Energy Fund, investor turut berkontribusi dalam upaya global untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim. 

Kemudian risiko yang terdapat di dalam prospektus reksa dana Insight Renewable Energy Fund: 

  • Risiko perubahan kondisi ekonomi dan politik yang dapat mempengaruhi reksa dana dan bisa berdampak langsung pada kinerja semua emiten yang menerbitkan surat utang.
  • Risiko wanprestasi, terjadi apabila pihak yang menjadi penerbit surat berharga tidak dapat memenuhi kewajibannya sesuai perjanjian yang telah dibuat.
  • Risiko likuiditas yang bisa mempengaruhi apabila terjadi penjualan kembali secara bersamaan (redemption rush) oleh sebagian besar pemegang unit penyertaan kepada manajer investasi. Hal ini dapat menyulitkan manajer investasi untuk menyediakan uang tunai guna membayar penjualan kembali tersebut.
  • Risiko berkurangnya nilai aktiva bersih setiap unit penyertaan yang bisa terjadi akibat fluktuasi harga efek dalam portofolio. 
  • Risiko pembubaran dan likuidasi.
  • Risiko atas perubahan peraturan, namun tidak terbatas pada peraturan perpajakan yang dapat mempengaruhi penghasilan atau laba dari Insight Renewable Energy Fund sehingga berdampak pada hasil investasi.
  • Risiko nilai tukar mata uang yang bisa berpengaruh terhadap nilai aktiva bersih dari Insight Renewable Energy Fund.
  1. Biaya dan Imbalan Jasa

Di dalam prospektus reksa dana Insight Renewable Energy Fund pada Bab X, terdapat beberapa biaya yang dicantumkan:

  • Biaya manajer investasi dan bank kustodian.
  • Biaya transaksi pemegang unit penyertaan.
  • Biaya lainnya yang menjadi beban reksa dana Insight Renewable Energy Fund.
  1. Hak-hak Pemegang Unit Penyertaan

Dengan tunduk pada syarat-syarat yang tertulis dalam kontrak investasi kolektif, setiap pemegang unit Insight Renewable Energy Fund mempunyai hak-hak sebagai berikut:

  • Hak mendapat bukti kepemilikan unit penyertaan Insight Renewable Energy Fund yaitu surat konfirmasi transaksi unit penyertaan.
  • Hak memperoleh pembagian hasil investasi.
  • Hak menjual kembali sebagian atau seluruh unit penyertaan Insight Renewable Energy Fund.
  • Hak mengalihkan sebagian atau seluruh investasi dalam Insight Renewable Energy Fund.
  • Hak memperoleh laporan bulanan.
  • Hak memperoleh laporan berkala mengenai kegiatan Yayasan Energi Lestari dan/atau pihak lainnya yang ditunjuk oleh manajer investasi dan penggunaan dana Insight Renewable Energy Fund oleh Yayasan Energi Lestari dan/atau pihak lainnya yang ditunjuk oleh manajer investasi sekurang-kurangnya setiap akhir tahun sekali.
  • Hak memperoleh informasi mengenai nilai aktiva bersih harian per unit penyertaan dan kinerja Insight Renewable Energy Fund.
  • Hak memperoleh laporan keuangan tahunan secara periodik.
  • Hak memperoleh bagian atas hasil likuidasi secara proporsional dengan kepemilikan unit penyertaan dalam hal reksa dana Insight Renewable Energy Fund dibubarkan dan dilikuidasi.

Sekarang kamu sudah bisa memahami berbagai macam informasi yang terdapat di dalam prospektus pada suatu reksa dana. Bila ingin tahu lebih dalam dan melihat prospektusnya, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Makmur.
  2. Klik menu “Pencarian”.
  3. Ketik “Insight Renewable Energy Fund”, kemudian pilih reksa dananya.
  4. Geser ke bawah dan pilih tab “Informasi”.
  5. Geser ke bawah lagi dan kamu akan menemukan dokumen “Prospektus” di aplikasi Makmur.

Dengan memahami materi ini, kamu sudah bisa mempertimbangkan untuk memilih reksa dana yang ingin diinvestasikan. Tetapi sebelum berinvestasi, kamu perlu menetapkan tujuan investasimu dengan jelas dan harus memahami profil risiko investasimu. Setelah itu, pilihlah reksa dana yang sesuai dengan tujuan dan impian jangka panjangmu.


Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo Makmur yang tertera pada link di bawah ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Perlu diketahui, selain melalui ponsel, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Makmur melalui situs web jika ingin berinvestasi menggunakan laptop atau komputer. Silakan klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Web Aplikasi Makmur

Kamu juga dapat menambah wawasan dengan membaca informasi atau artikel menarik di situs web Makmur. Silakan klik link berikut:

Website: Makmur.id


Editor: Benrik Anthony (bersertifikasi WAPERD dan WMI)

Penulis: Ilham Fitriadi Budiarto

Bagikan
Facebook
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel

Mulai dari Dana Darurat hingga Dana Pensiun, Ini Sejumlah Dana yang Harus Kamu Miliki

Hai, Sobat Makmur! Masa depan merupakan sesuatu yang belum pasti. Oleh karena itu, penting bagi kamu menyiapkan bekal masa depan dengan sebaik-baiknya, termasuk menyiapkan sejumlah dana yang diperlukan. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan sejumlah dana yang harus kamu miliki guna menghadapi masa depan. Makmur juga akan memberi tips terkait […]

author
Content Management
calendar
19 September 2024
Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam […]

author
Content Management
calendar
18 September 2024
Artikel

Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi […]

author
Content Management
calendar
17 September 2024
Artikel

Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko […]

author
Content Management
calendar
12 September 2024
Artikel

Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

author
Content Management
calendar
11 September 2024
Artikel

Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

author
Content Management
calendar
09 September 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.