Artikel

Mulai dari Dana Darurat hingga Dana Pensiun, Ini Sejumlah Dana yang Harus Kamu Miliki

author
Content Management
author
19 September 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Hai, Sobat Makmur! Masa depan merupakan sesuatu yang belum pasti. Oleh karena itu, penting bagi kamu menyiapkan bekal masa depan dengan sebaik-baiknya, termasuk menyiapkan sejumlah dana yang diperlukan. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan sejumlah dana yang harus kamu miliki guna menghadapi masa depan. Makmur juga akan memberi tips terkait reksa dana jenis apa yang cocok untukmu guna menyiapkan dana-dana ini. Yuk, disimak!

1. Dana Darurat

Dana darurat atau emergency fund adalah simpanan yang secara sengaja dipersiapkan untuk mengantisipasi kebutuhan tak terduga di kemudian hari. Dana darurat dipersiapkan untuk keadaan darurat dan keadaan yang tidak terduga, baik itu kecelakaan, kerusakan rumah, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara mendadak atau hal lain yang bisa mengganggu cash flow dalam perencanaan keuangan. Ada beberapa alasan mengapa dana darurat penting dipersiapkan sejak dini. Pertama, ketidakpastian ekonomi saat ini masih tinggi. Kedua, dana darurat akan membuat kamu lebih tenang dalam menghadapi masa depan. Ketiga, memiliki dana darurat juga bisa meminimalkan timbulnya utang ke pihak ketiga jika suatu waktu kamu dilanda kesulitan finansial atau mengalami kejadian yang membutuhkan biaya besar.

Reksa dana yang cocok : mengingat sifat dana darurat yang harus dicairkan dengan cepat, kamu bisa menempatkan dana darurat dalam instrumen investasi yang fleksibel, seperti reksa dana pasar uang. Reksa dana pasar uang memiliki aspek likuiditas yang tinggi, dimana reksa dana ini mudah untuk dicairkan kapanpun tanpa dikenakan denda. Proses pencairan dana reksa dana pasar uang bisa selesai dalam kurun waktu singkat, yakni di rentang 3-5 hari kerja yang dihitung setelah penjualan unit reksa dana mulai diproses sampai dana masuk ke rekening. Untuk kebutuhan dana yang lebih likuid, kamu juga bisa membeli reksa dana pasar uang dengan fitur Same Day. Fitur Same Day adalah inovasi yang ditawarkan oleh Makmur untuk mempercepat proses pembelian dan penjualan reksa dana. Sehingga, kamu bisa melakukan penjualan dan pembelian reksa dana dalam hari yang sama.

Ambil contoh, kamu menempatkan dana daruratmu di reksa dana pasar uang Insight Retail Cash Fund. Reksa dana ini berkinerja cukup baik, dengan return 5,08% dalam satu tahun dan 14,31% dalam 3 tahun (per 19 September 2024). Jika kamu menempatkan dana investasi awal Rp10.000.000, dan rutin berinvestasi Rp1.000.000 per bulan, maka dalam satu tahun total danamu yang terkumpul akan menjadi Rp21.786.831 dalam satu tahun (naik 3,75%) dan akan menjadi Rp48.919.241 (naik 8,71%) dalam 3 tahun.

Disclaimer : Kinerja masa lalu tidak menjamin hasil masa depan.

2. Dana Pernikahan

Membangun rumah tangga menjadi impian bagi sebagian orang. Besaran dana pernikahan bervariasi, tergantung jumlah undangan, adat istiadat, dan juga konsep pernikahan yang direncanakan. Ini berarti, jika kamu berencana menggelar pernikahan dengan konsep yang mewah, kamu harus mempersiapkan dana pernikahan sedini mungkin mengingat harga barang dan jasa terus naik seiring dengan inflasi.

Reksa dana yang cocok: umumnya, pasangan akan menentukan waktu pernikahan di rentang usia 25-30 tahunan. Misal, jika saat ini kamu berusia 25 tahun dan berencana menikah di usia 28 atau 30 tahun, kamu bisa memilih reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana ini cocok untuk kamu yang punya target jangka menengah.

Contoh, kamu berinvestasi di reksa dana Insight Renewable Energy Fund dengan return 6,86% dalam setahun, 27,08% dalam 3 tahun, dan 47,42% dalam 5 tahun ke belakang (per 19 Agustus 2024). Kamu menempatkan dana investasi awal Rp20.000.000, dan rutin berinvestasi Rp2.000.000 per tahun untuk biaya pernikahan bersama pasangan. Dalam setahun, dana yang kamu investasikan akan berkembang menjadi Rp44.115.345 (naik 5,04%), dalam 3 tahun akan menjadi Rp103.666.659 (naik 15,19%), dan dalam 5 tahun akan menjadi Rp173.281.598 (naik 25,57%).

Disclaimer : Kinerja masa lalu tidak menjamin hasil masa depan.

3. Dana Pendidikan Anak

Memastikan anak bisa mendapatkan pendidikan yang layak adalah tanggung jawab orang tua. Ada baiknya kamu menyiapkan dana pendidikan anak jauh sebelum anakmu lahir. Sebab, biaya pendidikan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Terlebih jika kamu berencana menyekolahkan anakmu di jurusan yang membutuhkan biaya besar, seperti sekolah kedokteran, sekolah penerbangan, atau ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Reksa dana yang cocok : dana pendidikan adalah dana yang bersifat jangka menengah dan panjang. Untuk itu, kamu bisa memilih reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana saham. Reksa dana saham cocok karena return saham sesungguhnya terlihat dalam jangka panjang. Selain itu, berinvestasi jangka panjang juga membantu kamu untuk menghindari tingginya fluktuasi harga pasar saham sangat dinamis.

Contoh : kamu berinvestasi di Syailendra Equity Opportunity Fund Kelas A dengan dana investasi awal Rp20.000.000 dan rutin menabung Rp2.000.000.000 per bulannya untuk dana pendidikan anak. Reksa dana ini memberi return 10,01% dalam 3 tahun dan 7,05% dalam 5 tahun (per 19 September 2024). Dalam 5 tahun ke depan, dana yang kamu investasikan akan naik menjadi Rp149.067.044 (naik 8,02%).

Disclaimer : Kinerja masa lalu tidak menjamin hasil masa depan.

4. Dana Pensiun (Hari Tua)

Dana pensiun adalah dana hari tua yang bisa dinikmati saat memasuki masa pensiun atau saat kamu sudah tidak bekerja lagi. Sebab, ketika usia sudah tidak lagi produktif, seseorang akan sulit melanjutkan pekerjaannya sehingga tidak ada lagi penghasilan tetap. Selain itu, dana pensiun juga bisa digunakan untuk biaya pengobatan di hari tua mengingat kondisi tubuh yang rentan terserang penyakit karena melemahnya sistem imun. Meski saat ini kamu masih berada di usia produktif, tidak ada salahnya jika mencicil dana untuk hari tua sedari dini.

Reksa dana yang cocok : Dana pensiun adalah dana yang bersifat jangka panjang. Jika kamu berencana mengumpulkan dana pensiun, kamu bisa memilih reksa dana saham. Sebab, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, reksa dana saham idealnya dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Contoh : kamu berinvestasi di reksa dana Eastspring Investments Alpha Navigator Kelas A dengan return 15,40% dalam 5 tahun ke belakang (per 19 September 2024). Jika kamu berinvestasi dengan modal awal Rp20.000.000 dan rutin berinvestasi Rp2.000.000 setiap bulannya, dalam jangka waktu 5 tahun dana yang kamu investasikan akan tumbuh menjadi Rp156.417.658 atau tumbuh 13,35%.

Disclaimer : Kinerja masa lalu tidak menjamin hasil masa depan.

Sobat Makmur, itu dia beberapa dana yang harus kamu miliki dan harus kamu cicil sedini mungkin. Tentunya, dana-dana tersebut bisa terkumpul dengan syarat kamu memilih instrumen yang tepat dan juga mengumpulkannya secara konsisten. Pastikan kamu membeli reksa dana terbaik di Makmur, karena kamu bisa menggunakan sejumlah promo menarik untuk memaksimalkan kinerja portofoliomu seperti promo Superb September 2024, promo Semua Bisa Makmur, dan promo Semakin Makmur.


Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo Makmur yang tertera pada link di bawah ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Perlu diketahui, selain melalui ponsel, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Makmur melalui situs web jika ingin berinvestasi menggunakan laptop atau komputer. Silakan klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Web Aplikasi Makmur

Kamu juga dapat menambah wawasan dengan membaca informasi atau artikel menarik di situs web Makmur. Silakan klik link berikut:

Website: Makmur.id


Editor: Benrik Anthony (bersertifikasi WAPERD dan WMI)
Penulis: Akhmad Sadewa Suryahadi

Bagikan
Facebook
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam […]

author
Content Management
calendar
18 September 2024
Artikel

Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi […]

author
Content Management
calendar
17 September 2024
Artikel

Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko […]

author
Content Management
calendar
12 September 2024
Artikel

Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

author
Content Management
calendar
11 September 2024
Artikel

Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

author
Content Management
calendar
09 September 2024
Artikel

Kisah Inspiratif George Soros, Dari Seorang Porter Kereta Kini Jadi Investor Sukses

Hai, Sobat Makmur! Kalian tentu tidak asing dengan kalimat “tidak ada hasil yang mengkhianati usaha”. Kalimat bijak ini mengajarkan agar terus berusaha dalam meraih cita-cita, karena hasil akan berbanding lurus usaha yang kamu lakukan. Kali ini, Makmur akan membawa kamu untuk mengenali lebih lanjut sosok superinvestor sukses yang merintis kekayaannya, yakni George Soros. Kisah suksesnya […]

author
Content Management
calendar
05 September 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.