Artikel

Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

author
Content Management
author
12 September 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko yang tidak terlalu besar. Kali ini Makmur akan mengulas mengenai sejumlah reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang yang memiliki kinerja (return) baik namun dengan tingkat penurunan (drawdown) minimum yang menjadi favorit nasabah Makmur. Yuk disimak!

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana yang mengalokasikan dana kelolaannya ke instrumen yang bisa menghasilkan pendapatan secara tetap dan rutin. Manager Investasi (MI), yang bertindak mengelola dana investor, akan menempatkan setidaknya 80% dana ke instrumen yang menghasilkan pendapatan tetap, seperti surat utang (obligasi). Dalam hal ini, reksa dana pendapatan tetap cocok bagi kamu dengan profil risiko moderat. 

Ada beberapa reksa dana pendapatan tetap dengan return baik yang menjadi favorit nasabah Makmur. Dalam hal ini, acuan return yang digunakan adalah return yang disetahunkan atau annualized return. Annualized return akan mengukur berapa keuntungan yang dirata-ratakan dalam hitungan tahun lewat sebuah metode yakni compound annual growth rate (CAGR). Selain berkinerja baik, deretan reksa dana ini juga memiliki tingkat maximum drawdown yang kecil. Maximum drawdown adalah indikator untuk mengukur tingkat penurunan maksimal selama periode waktu tertentu dari puncak tertinggi hingga titik terendah sebelum kembali pulih. 

Berdasarkan ketentuan diatas Trimegah Fixed Income Plan menjadi reksa dana dengan kinerja paling prima. Reksa dana besutan Trimegah Asset Management ini menghasilkan return 8,20% berdasarkan return 3 bulan yang disetahunkan dan dalam 1 tahun menghasilkan return 4,88% dengan tingkat drawdown 0,43% sejak awal tahun atau secara year-to-date (YTD). Sebanyak 94,34% portofolio reksa dana ini ditempatkan di instrumen obligasi, sisanya sebanyak 5,66% ditempatkan di instrumen pasar uang. Kemudian, ada KISI Fixed Income Fund Plus dengan return 7,86% berdasarkan return tiga bulan yang disetahunkan dan dengan drawdown 0%. Sama seperti Trimegah Fixed Income Plan, sebanyak 94,34% portofolio reksa dana ini ditempatkan di instrumen obligasi, sisanya sebanyak 5,66% ditempatkan di instrumen pasar uang. Berikut adalah 4 reksa dana pendapatan tetap dengan kinerja baik dan dengan tingkat drawdown minim yang menjadi favorit nasabah Makmur.

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang adalah adalah jenis reksa dana yang 100% portofolionya diinvestasikan oleh MI ke instrumen-instrumen pasar uang. Instrumen pasar uang yang dimaksud yakni instrumen investasi yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun seperti deposito, Sertifikat Utang Negara (SUN), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan sejenisnya. Reksa dana pasar uang memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan instrumen lainnya. Ketika kondisi pasar bergejolak, kinerja investasi reksa dana pasar uang cenderung stabil. Selain itu, instrumen berjangka pendek juga memiliki risiko gagal bayar yang kecil. Oleh karena itu, jenis reksa dana ini cocok bagi investor pemula dan juga investor dengan profil risiko yang rendah (risk averse).

Insight Retail Cash Fund menjadi reksa dana pasar uang dengan kinerja paling prima. Produk reksa dana dari Insight Asset Management ini menghasilkan return 7,52% berdasarkan return 3 bulan yang disetahunkan dengan tingkat drawdown 0%. Sebanyak 94,46% portofolio dari reksa dana ini ditempatkan di instrumen obligasi yang jatuh temponya kurang dari satu tahun, sisanya sebanyak 5,54% merupakan instrumen pasar uang. Masih dari Insight Asset Management, reksa dana pasar uang berkinerja baik lainnya yakni reksa dana Insight Money dengan return 3 bulan yang disetahunkan sebesar 6,64% dengan drawdown 0%. Berikut adalah 4 reksa dana pasar uang dengan kinerja baik dan dengan tingkat drawdown minimum yang menjadi favorit nasabah Makmur.

Nah Sobat Makmur, sebelum memilih reksa dana pilihanmu, ada baiknya kamu mencermati sejumlah hal berikut ini.

  1. Cermati Risiko
    Setiap instrumen investasi pasti mengandung risiko. Sebelum memilih reksa dana, kamu harus mencermati risiko yang terkandung, seperti risiko penurunan nilai unit penyertaan karena turunnya harga surat utang, risiko likuiditas, risiko suku bunga, dan risiko gagal bayar perusahaan atau lembaga penerbit obligasi.
  2. Pantau Kinerja Historis
    Penting bagi kamu untuk mengetahui kinerja historis dari reksa dana yang akan kamu beli. Selain mencermati aspek maximum drawdown, kamu juga bisa melihat kinerja reksa dana pendapatan tetap yang akan kamu beli dan membandingkannya dengan benchmark yang tertuang dalam fund fact sheet reksa dana.
  3.  Cermati Komposisi Portofolio
    Sebelum membeli reksa dana, ada baiknya kamu membedah komposisi portofolio dalam reksa dana incaranmu. Kamu bisa mencermati komposisi portofolio reksa dana dalam top holding yang terlampir pada fund fact sheet yang diterbitkan MI secara berkala. 

Untuk memaksimalkan kinerja portofoliomu, kamu bisa menggunakan sejumlah promo menarik dari Makmur seperti promo Superb September 2024, promo Semua Bisa Makmur, dan promo Semakin Makmur.


Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo Makmur yang tertera pada link di bawah ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Perlu diketahui, selain melalui ponsel, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Makmur melalui situs web jika ingin berinvestasi menggunakan laptop atau komputer. Silakan klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Web Aplikasi Makmur

Kamu juga dapat menambah wawasan dengan membaca informasi atau artikel menarik di situs web Makmur. Silakan klik link berikut:

Website: Makmur.id


Editor: Benrik Anthony (bersertifikasi WAPERD dan WMI)
Penulis: Akhmad Sadewa Suryahadi

Bagikan
Facebook
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam […]

author
Content Management
calendar
18 September 2024
Artikel

Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi […]

author
Content Management
calendar
17 September 2024
Artikel

Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

author
Content Management
calendar
11 September 2024
Artikel

Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

author
Content Management
calendar
09 September 2024
Artikel

Kisah Inspiratif George Soros, Dari Seorang Porter Kereta Kini Jadi Investor Sukses

Hai, Sobat Makmur! Kalian tentu tidak asing dengan kalimat “tidak ada hasil yang mengkhianati usaha”. Kalimat bijak ini mengajarkan agar terus berusaha dalam meraih cita-cita, karena hasil akan berbanding lurus usaha yang kamu lakukan. Kali ini, Makmur akan membawa kamu untuk mengenali lebih lanjut sosok superinvestor sukses yang merintis kekayaannya, yakni George Soros. Kisah suksesnya […]

author
Content Management
calendar
05 September 2024
Artikel

Masyarakat Kelas Menengah Semakin Terjepit, Investasi Bisa Jadi Solusi

Hai, Sobat Makmur! Mayoritas penduduk Indonesia saat ini tergolong Masyarakat berpenghasilan menengah. Menurut hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan tahun 2021, sebanyak 69 dari 100 penduduk Indonesia merupakan penduduk berpendapatan menengah bawah. Sementara itu, sebanyak 22 dari 100 penduduk masuk kelompok kelas menengah, dan sisanya adalah masyarakat golongan atas. Namun, saat ini masyarakat […]

author
Content Management
calendar
04 September 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.