Artikel

Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

author
Content Management
author
17 September 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi leher ke atas dan bagaimana implementasinya dalam berinvestasi reksa dana. Yuk, disimak!

Apa Itu Investasi Leher Ke Atas?

Sebelum masuk ke pembahasan inti, ada baiknya kamu mengenali lebih dahulu apa itu investasi leher ke atas. Sesuai namanya, investasi leher ke atas adalah bentuk penanaman modal berwujud wawasan atau ilmu pengetahuan, yakni investasi yang dilakukan dengan mengandalkan sistem kerja otak. Dengan kata lain, investasi leher ke atas berarti menanamkan modal untuk memperkaya ilmu pengetahuan. Sehingga, ilmu yang diinvestasikan akan menjadi bekal untuk diterapkan di masa depan. Tanpa disadari, Sobat Makmur sebenarnya telah melakukan investasi leher ke atas sejak memulai masa pendidikan, baik dari sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi. Namun, banyak yang berhenti melakukan investasi leher ke atas setelah selesai mengenyam pendidikan.

Bentuk-Bentuk Investasi Leher ke Atas

Sama seperti investasi konvensional, ada banyak jenis dan bentuk investasi leher ke atas yang bisa kamu lakukan sebagai investor.


1. Membaca Buku

Kamu pasti sudah tidak asing dengan pepatah bijak “buku adalah jendela dunia”. Salah satu cara investasi leher ke atas yang paling ampuh adalah dengan membaca buku. Kamu bisa membaca buku yang berisi informasi seputar investasi, bisnis, finansial, maupun hal lain yang dapat menambah ilmu pengetahuan dan kemampuanmu dalam berinvestasi. Kamu bisa memulai dengan membaca buku karangan superinvestor terkemuka dunia seperti A Titan of Finance karya Ken Griffin, The Most Important Thing: Uncommon Sense for the Thoughtful Investor karya Howard Marks, hingga Margin of Safety karya Seth Klarman. Membaca buku akan menambah wawasanmu terkait investasi dan pada akhirnya akan membantu kamu dalam pengambilan keputusan investasi yang lebih baik.

2. Mengikuti Seminar atau Workshop

Cara lain melakukan investasi leher ke atas adalah mengikuti seminar maupun workshop untuk mendapatkan keterampilan baru. Jika kamu adalah investor, kamu bisa mengikuti seminar berupa sekolah pasar modal (SPM) yang biasanya diselenggarakan Bursa Efek Indonesia (BEI). SPM biasanya diisi oleh profesional di pasar modal dengan latar belakang peserta yang beragam. Dengan mengikuti seminar ini, maka kamu sudah menerapkan investasi leher ke atas serta bisa meluaskan jaringan (link) dengan profesional lain.

3. Mengikuti Informasi dan Berlangganan Berita Terkini

Tak bisa dipungkiri, penyebaran berita saat ini semakin masif seiring canggihnya teknologi. Di sisi lain, berita menjadi salah satu patokan yang digunakan investor/pelaku pasar dalam berinvestasi. Sebagai investor yang berkualitas, kamu bisa melakukan investasi leher ke atas dengan cara mengikuti informasi dan berlangganan berita terkini. Kamu bisa mendapatkan informasi terkini melalui artikel-artikel di Makmur atau berlangganan kanal berita kredibel yang kamu yakini. Tujuannya, agar kamu tidak salah langkah dan mengambil tindakan cepat jika suatu sentimen terjadi. Misal, ketika berita pemangkasan suku bunga mulai berembus, kamu bisa mengantisipasinya dengan membeli reksa dana pendapatan tetap. Mayoritas portofolio reksa dana pendapatan tetap adalah obligasi, sedangkan harga obligasi cenderung naik saat suku bunga turun.

4. Investasi Keterampilan

Investasi keterampilan berhubungan dengan skill dan keahlian yang dapat digunakan untuk pengembangan diri, peningkatan jenjang karir, hingga pengembangan skill dalam berinvestasi. Salah satu bentuk investasi yang bisa kamu lakukan adalah mengambil sertifikasi profesional yang meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam bidang tertentu, seperti sertifikasi pasar modal. Selain berguna untuk mengasah skill berinvestasi, sertifikasi pasar modal juga berguna untuk menunjang jenjang karir, terutama jika kamu berkarir di industri pasar modal.

5. Mengasah Soft Skill

Salah satu jenis soft skill yang bisa kamu pelajari adalah bahasa asing. Di zaman globalisasi saat ini, arus informasi tidak hanya datang dari dalam negeri, tetapi juga dari dunia luar (internasional). Selain mengasah keterampilan kognitif dan memperluas jaringan, dengan mempelajari bahasa asing maka informasi terkait pasar modal dan investasi yang kamu dapatkan akan semakin luas. 

Pentingnya Investasi Leher ke Atas

Investasi leher ke atas bisa dibilang investasi yang tidak memiliki risiko. Sebab, investasi ini adalah investasi pengembangan diri yang paling menguntungkan, karena hasil akhirnya dapat dinikmati sendiri di kemudian hari. Ada beberapa manfaat dari investasi leher ke atas yang bisa dirasakan Sobat Makmur. Pertama, dengan meningkatnya ilmu, skill, dan pengetahuan, kamu dapat meminimalkan faktor-faktor risiko yang terkandung dalam instrumen investasi. Kedua, investasi leher ke atas bisa membuatmu lebih mudah beradaptasi dengan perubahan zaman dan tetap relevan di industri yang senantiasa berubah. Ketiga, adanya kualifikasi tambahan seperti sertifikasi pasar modal dapat membuka peluang karir baru dan dapat meningkatkan daya tawar di dunia kerja.

Nah, Sobat Makmur, setelah membaca artikel di atas pastinya kamu memahami bahwa berinvestasi leher ke atas penting untuk mengasah skill investasi reksa dana. Tentunya, artikel ini juga bermanfaat bagi kamu jika ingin berinvestasi reksa dana, baik itu reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana pasar uang, maupun reksa dana campuran. Namun, sebelum berinvestasi jangan lupa untuk menentukan tujuan investasi dengan jelas dan juga memahami profil risiko investasi terlebih dahulu. Setelah itu, pilihlah reksa dana yang sesuai dengan tujuanmu di aplikasi Makmur. Untuk memaksimalkan kinerja investasimu, Sobat Makmur bisa memanfaatkan promo Superb September 2024, promo Semua Bisa Makmur, dan promo Semakin Makmur.


Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo Makmur yang tertera pada link di bawah ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Perlu diketahui, selain melalui ponsel, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Makmur melalui situs web jika ingin berinvestasi menggunakan laptop atau komputer. Silakan klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Web Aplikasi Makmur

Kamu juga dapat menambah wawasan dengan membaca informasi atau artikel menarik di situs web Makmur. Silakan klik link berikut:

Website: Makmur.id


Editor: Benrik Anthony (bersertifikasi WAPERD dan WMI)
Penulis: Akhmad Sadewa Suryahadi

Bagikan
Facebook
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam […]

author
Content Management
calendar
18 September 2024
Artikel

Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko […]

author
Content Management
calendar
12 September 2024
Artikel

Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

author
Content Management
calendar
11 September 2024
Artikel

Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

author
Content Management
calendar
09 September 2024
Artikel

Kisah Inspiratif George Soros, Dari Seorang Porter Kereta Kini Jadi Investor Sukses

Hai, Sobat Makmur! Kalian tentu tidak asing dengan kalimat “tidak ada hasil yang mengkhianati usaha”. Kalimat bijak ini mengajarkan agar terus berusaha dalam meraih cita-cita, karena hasil akan berbanding lurus usaha yang kamu lakukan. Kali ini, Makmur akan membawa kamu untuk mengenali lebih lanjut sosok superinvestor sukses yang merintis kekayaannya, yakni George Soros. Kisah suksesnya […]

author
Content Management
calendar
05 September 2024
Artikel

Masyarakat Kelas Menengah Semakin Terjepit, Investasi Bisa Jadi Solusi

Hai, Sobat Makmur! Mayoritas penduduk Indonesia saat ini tergolong Masyarakat berpenghasilan menengah. Menurut hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan tahun 2021, sebanyak 69 dari 100 penduduk Indonesia merupakan penduduk berpendapatan menengah bawah. Sementara itu, sebanyak 22 dari 100 penduduk masuk kelompok kelas menengah, dan sisanya adalah masyarakat golongan atas. Namun, saat ini masyarakat […]

author
Content Management
calendar
04 September 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.