Artikel

Simak Strategi Berinvestasi Untuk Mendapat Passive Income yang Maksimal

author
Content Management
author
06 August 2024
Facebook
Instagram
Tiktok
blog-detail

Sobat Makmur, pernahkah kamu mendengar kalimat “Uang bekerja untuk kita?” Kalimat tersebut erat kaitannya dengan konsep passive income. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai passive income, mulai dari konsep passive income hingga kiat berinvestasi untuk memaksimalkan passive income. Yuk disimak!

Apa Itu Passive Income?

Passive income bermakna penghasilan yang didapatkan secara pasif, yakni aset/kekayaan yang didapatkan dari aktivitas lain selain bekerja secara aktif. Sederhananya, passive income adalah penghasilan tambahan di luar pendapatan gaji/upah dari pekerjaan utama. Aliran pendapatan akan terus berlanjut secara rutin dari passive income tanpa memerlukan partisipasi aktif. Sehingga, passive income memiliki konsep uang yang bekerja untuk kita atau your money work for you.

Pentingnya Memiliki Passive Income

Ada beberapa alasan pentingnya memiliki passive income:

  1. Lebih Percaya Diri Menghadapi Ketidakpastian
    Di tengah ketidakpastian global yang masih tinggi saat ini, gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pengurangan karyawan terus terjadi. Tentunya kondisi ini menjadi momok bagi masyarakat yang hanya mengandalkan gaji sebagai sumber pemasukan utama. Memiliki sumber passive income akan membuat kamu lebih percaya diri menghadapi ketidakpastian yang kapan saja bisa terjadi. Sebab, jika kamu tidak lagi mendapat gaji sebagai sumber pendapatan primer, kamu masih bisa memperoleh pendapatan dari passive income.

  2. Tidak Bergantung pada Satu Sumber Pemasukan
    Harga kebutuhan pokok sehari-hari, baik pangan maupun pendidikan cenderung naik setiap tahunnya. Nah, memiliki passive income bisa membantu kamu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari yang semakin meningkat. Jika memiliki passive income, kamu akan mendapat pemasukan tambahan yang bukan hanya berasal dari gaji. Di sisi lain, jika kamu hanya menggantungkan pendapatan dari satu sumber primer, ada kemungkinan kondisi keuanganmu tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  3. Membuat Kondisi Finansial Lebih Stabil
    Adanya pendapatan tambahan dari passive income akan mempercepat Sobat Makmur dalam memperoleh stabilitas finansial. Dengan memiliki sumber passive income, pendapatan yang diterima nantinya tak hanya berasal dari pekerjaan utama, tetapi juga berasal passive income. Kondisi finansial yang stabil juga bisa membuat kamu bebas untuk menekuni hobi dan passion.

Memaksimalkan Passive Income dengan Berinvestasi

Secara konvensional, passive income bisa didapatkan dari menyewakan properti, kemitraan terbatas, bisnis waralaba (franchise), atau bisnis lainnya. Namun seiring perkembangan zaman, passive income bisa didapatkan dengan cara berinvestasi. Nah, agar dana yang diinvestasikan dapat bekerja secara maksimal, Sobat Makmur perlu memperhatikan hal-hal berikut.

Pertama, berinvestasi menggunakan uang dingin. Uang dingin atau cold money adalah uang yang tidak aktif digunakan, dalam artian tidak akan digunakan dalam waktu dekat untuk membayar kebutuhan konsumsi primer. Jadi, pastikan uang yang digunakan adalah uang yang menganggur dan tidak digunakan untuk membiayai keperluan. Jangan sampai berhutang kepada pihak ketiga untuk berinvestasi karena akan ada beban bunga dan adanya potensi fluktuasi pada kinerja investasi. 

Kedua, mengidentifikasi risiko. Setiap instrumen pasti memiliki risiko masing-masing. Keuntungan atau return dan risiko investasi saling berkaitan. Bila instrumen investasi memiliki return besar, maka risikonya akan lebih tinggi, begitu juga sebaliknya. Sehingga, pastikan memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko (risk profile), apakah profil risiko konservatif (rendah), profil risiko moderat (menengah),atau profil risiko agresif (tinggi).

Ketiga, memilih instrumen investasi yang tepat. Untuk mendapatkan passive income yang optimal, kamu perlu mengandalkan instrumen investasi yang tepat, sehingga dana yang dialokasikan akhirnya akan menghasilkan return maksimal. Diantara banyaknya instrumen investasi, reksa dana menjadi salah satu instrumen yang menarik dan menjanjikan.

Memaksimalkan Passive Income Dengan Reksa Dana

Salah satu kelebihan reksa dana adalah adanya manajer investasi (MI) yang akan mengelola dana secara profesional, sehingga kamu tidak perlu repot mengelola portofoliomu sendiri. Dengan berinvestasi reksa dana, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan nilai investasi pada reksa dana tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain berupa dividen. Tentunya, dividen tersebut bisa memberi passive income selain dari potensi kenaikan nilai unit penyertaan.

Biasanya bentuk dividen yang dibagikan kepada nasabah adalah dalam bentuk unit penyertaan. Kamu akan mendapatkan tambahan jumlah unit reksa dana yang kamu miliki. Nantinya, tambahan unit ini secara otomatis akan meningkatkan jumlah total unit yang kamu miliki dalam reksa dana tersebut. Namun, ada juga reksa dana yang membagikan dividen dalam bentuk tunai yang akan langsung ditransfer ke rekeningmu.

Lalu, bagaimana cara mengetahui reksa dana yang membagikan dividen? Caranya, kamu bisa melihat prospektus yang diterbitkan oleh manajer investasi. Dalam prospektus tertuang bagian yang membahas pembagian hasil investasi (PHI). Kamu juga bisa melihat riwayat dan kebijakan pembagian dividen dalam fund fact sheet. Di sana, kamu bisa melihat apakah reksa dana tersebut rutin memberikan dividen, seberapa besar dividen yang dibagikan, dan dalam bentuk apa dividen tersebut diberikan. 

Sebagai contoh pembagian dividen dalam bentuk unit penyertaan, yakni dalam fund fact sheet dari reksa dana pendapatan tetap Syailendra Pendapatan Total Return Kelas A per 28 Juni 2024.

Berdasarkan fund fact sheet tersebut, kamu bisa melihat jadwal dan bentuk dari pembagian dividen yang berupa unit penyertaan. Jadi, passive income yang didapatkan tidak hanya melalui pertumbuhan kinerja reksa dana saja, tetapi juga bisa dari dividen yang dibagikan reksa dana tersebut.

Daftar Reksa Dana yang Memiliki Dividen di Makmur

Jika kamu tertarik membeli reksa dana yang membagikan dividen, kamu bisa membelinya melalui aplikasi Makmur. Sebab, Makmur menyediakan sejumlah reksa dana yang membagikan dividen yang telah disesuaikan dengan profil risiko. Berikut daftar reksa dana pembagi dividen berdasarkan klasifikasi risiko.

Risiko Menengah Rendah

1. Avrist Prime Income Fund

2. Avrist Sukuk Income Fund

3. Batavia Dana Obligasi Ultima

4. BNI-AM Dana Pendapatan Tetap Syariah Ardhani

5. BNI-AM Short Duration Bonds Index Kelas R1

6. BNI-AM Teakwood Kelas R1

7. Eastspring Investments Yield Discovery Kelas A

8. Insight Government Fund

9. Insight Renewable Energy Fund 

10. Sucorinvest Monthly Income Fund

11. Syailendra Pendapatan Total Return Kelas A

12. Trimegah Fixed Income Plan

13. Trimegah Fixed Income Plan Syariah 

Risiko Menengah Tinggi

14. Sucorinvest USD Balanced Fund

Risiko Tinggi

15. BNI-AM Indeks IDX30

Cara Membeli Reksa Dana Yang Membagikan Dividen di Makmur

Kamu bisa dengan mudah memilih reksa dana yang membagikan dividen lewat aplikasi Makmur, berikut langkahnya:

  1. Buka aplikasi Makmur di perangkat HP-mu.
  2. Klik tombol “Pencarian” di bagian bawah tengah menu.
  3. Geser ke kanan di tampilan “Reksa Dana Populer” sampai menemukan “Reksa Dana dengan Dividen”.
  4. Kamu akan menemukan berbagai macam pilihan reksa dana yang berdividen dan bisa dipertimbangkan untuk berinvestasi.

Sobat Makmur bisa membeli reksa dana pilihanmu dengan memanfaatkan promo August Financial Freedom 2024, promo Semua Bisa Makmur, dan promo Semakin Makmur. Namun perlu diingat, sebelum berinvestasi kamu harus menentukan tujuan investasi dengan jelas dan juga memahami profil risiko investasi terlebih dahulu. Setelah itu, pilihlah reksa dana yang sesuai dengan tujuanmu di aplikasi Makmur!


Kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo Makmur yang tertera pada link di bawah ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Perlu diketahui, selain melalui ponsel, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Makmur melalui situs web jika ingin berinvestasi menggunakan laptop atau komputer. Silakan klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Web Aplikasi Makmur

Kamu juga dapat menambah wawasan dengan membaca informasi atau artikel menarik di situs web Makmur. Silakan klik link berikut:

Website:Makmur.id


Editor: Benrik Anthony (bersertifikasi WAPERD dan WMI)

Penulis: Akhmad Sadewa Suryahadi

Bagikan
Facebook
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel

Mulai dari Dana Darurat hingga Dana Pensiun, Ini Sejumlah Dana yang Harus Kamu Miliki

Hai, Sobat Makmur! Masa depan merupakan sesuatu yang belum pasti. Oleh karena itu, penting bagi kamu menyiapkan bekal masa depan dengan sebaik-baiknya, termasuk menyiapkan sejumlah dana yang diperlukan. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan sejumlah dana yang harus kamu miliki guna menghadapi masa depan. Makmur juga akan memberi tips terkait […]

author
Content Management
calendar
19 September 2024
Artikel

Mengenal Komponen Biaya dalam Reksa Dana

Hai, Sobat Makmur! Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada banyak faktor yang harus kamu pertimbangan, salah satunya adalah komponen biaya. Biaya investasi adalah biaya yang harus kamu keluarkan setiap melakukan pembelian ataupun penjualan instrumen investasi. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenali komponen biaya-biaya dalam reksa dana, yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam […]

author
Content Management
calendar
18 September 2024
Artikel

Mau Investasi Leher Ke Atas? Pelajari Teknik Ini!

Hai, Sobat Makmur! Jika mendengar kata investasi, kebanyakan investor hanya mengetahui investasi dalam bentuk modal, baik uang atau aset berharga lainnya yang disalurkan ke berbagai macam instrumen. Namun, tahukah kamu jika ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan modal dalam pelaksanaannya? Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai investasi […]

author
Content Management
calendar
17 September 2024
Artikel

Deretan Reksa Dana Ini Punya Return Optimal Dengan Drawdown Minimal, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Mendapatkan return maksimal pasti menjadi tujuan kamu dalam berinvestasi. Namun, salah satu syarat mendapatkan return maksimal adalah dengan memilih instrumen investasi yang tepat. Diantara banyaknya instrumen investasi, Sobat Makmur bisa mencermati reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Jenis reksa dana ini mampu memberikan return yang stabil namun dengan risiko […]

author
Content Management
calendar
12 September 2024
Artikel

Dos dan Don’ts dalam Berinvestasi Reksa Dana, Apa Saja?

Hai, Sobat Makmur! Meraih keuntungan atau return pasti menjadi tujuan setiap investor dalam berinvestasi. Akan tetapi, kebanyakan investor khususnya investor pemula sering melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Hal ini mengakibatkan return yang diterima menjadi tidak maksimal atau bahkan berpotensi mengakibatkan kerugian. Pada artikel kali ini, Makmur akan mengajak kamu untuk memahami hal yang harus dilakukan […]

author
Content Management
calendar
11 September 2024
Artikel

Ini Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok Untuk Investor Pemula

Hai, Sobat Makmur! Jumlah investor di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Bertambahnya jumlah investor di tanah air menandakan jumlah investor pemula juga semakin banyak. Akan tetapi, banyak diantara investor pemula yang masih belum benar-benar memahami dunia pasar modal, termasuk instrumen yang dipilih. Dari sekian banyak instrumen investasi saat ini, reksa dana merupakan salah […]

author
Content Management
calendar
09 September 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.